PROFIL

Oleh : K.H AHMAD MUNIR

Assalammu alaikum Wr.Wb

Tekad mengelola lembaga yang berbasis pondok pesantren didasari tanggung jawab terhadap agama Islam yakni li i’la kalimatillah, sehingga ke depan Pondok Modern Muhammadiyah Paciran benar-benar mampu menempatkan diri sebagai sarana dakwah. Selain itu, juga sebagai fungsi laboratorium diniyyah – ilmiyyah dan kaderisasi ulama, namun juga mampu sebagai lembaga pengabdian sosial di masyarakat.

  Tekad mengelola lembaga yang berbasis pondok pesantren didasari tanggung jawab terhadap agama Islam yakni li i’la kalimatillah, sehingga ke depan Pondok Modern Muhammadiyah Paciran benar-benar mampu menempatkan diri sebagai sarana dakwah. Selain itu, juga sebagai fungsi laboratorium diniyyah – ilmiyyah dan kaderisasi ulama, namun juga mampu sebagai lembaga pengabdian sosial di masyarakat.

  Segi pendidikan, Pondok Modern Muhammadiyah Paciran sudah ada dan eksis mulai dari pendidikan taman kanak-kanak hingga sampai pendidikan perguruan tinggi. Hal ini sebagai jawaban aspirasi masyarakat yang berkembang selama ini. Dimana pendidikan formal maupun non formal sangat diperlukan dikawasan pantura Paciran Lamongan.

  Awal berdirinya pendidikan Islam pada tahun 1946, daya tampung lembaga pendidikan ini sangat terbatas. Maka pada tahun 1983 dikembangkan menjadi Perguruan Pondok Modern Muhammadiyah Paciran. Peserta didik pesantren tak terbatas dari kawasan Jawa Timur saja, tetapi sudah sampai ke seluruh pelosok nusantara.

  Pondok Modern Muhammadiyah Paciran juga mampu berkembang dengan baik (dalam pendidikan formal dan non formal) serta mampu sebagai penyeimbang baik dari kualitas maupun kuantitasnya. Terbukti dari banyaknya prestasi siswa di bidang akademik maupun non akademik.

  Seluruh pimpinan, pengajar, dan staff akan terus ikhtiar, berdoa, dan berbuat kebajikan untuk membangun institusi yang bermutu dan berkualitas. Wallahu’alam.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wa Barokatuh


IDENTITAS PERGURUAN

NAMA LEMBAGA                : PONDOK MODERN MUHAMMADIYAH
TAHUN BERDIRI                 : 1983 M
NAMA PENDIRI                   : K.H. M. RIDLWAN SYARQOWI (alm).
NAMA PENGASUH             :

  1. K.H. AHMAD MUNIR (mudîr )
  2. AHMAD AHZAB SHOLEH. (wakil mudîr bidang sarana prasarana)
  3. Drs. H. MAHMUDI, M.Pd (wakil mudir bidang pendidikan)
VISI, MISI DAN TUJUAN

VISI :

“ Terwujudnya Santri Yang Alim, Berakhlaq al Karimah dan Berwawasan Kebinnekaan”

Indikatornya :

  1. Alim dalam bidang pengetahuan Agama dan Mengerti Pengetahuan Umum
  2. Memiliki Akhlaq Yang Terpuji
  3. Berwawasan Kebangsaan, Kebahasaan, Kearifan Lokal dan Kebinnekaan

 

MISI :

  1. Mencetak kader Ulama Melalui Pendekatan Pembelajaran Ikhtilaf (debatable) Dengan Leteratur Kitab -Kitab Klasik Dan Modern.
  2. Menumbuhkembangkan Pembelajaran Agama & Umum, memiliki life skils Serta berakhlaq al Karimah.
  3. Menumbuhkembangkan Pendidikan Kemuhammadiyahan melalui Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)

 

TUJUAN :

“ Mencetak Kader Ulama Muhammadiyah Dan Pemimpin Umat Di Masa Depan, Cakap, Terampil, Beral-akhlâq al-Karîmah, Mandiri Serta Berwawasan Luas.”

LEGALITAS DAN PERIJINAN

ORIENTASI DASAR KEPONDOKAN

Dalam memberikan arah dan landasan operasional bagi pelaksanaan program-program pondok, maka telah dirumuskan beberapa orientasi dasar yang berfungsi sebagai pedoman bagi seluruh aktifitas Pondok Modern Muhammadiyah Paciran, baik pada skala lembaga pendidikan formal maupun pada tataran lembaga pendidikan non-formal, sebagai berikut: 

1.    Orientasi al-akhlâq al-karîmah; yaitu sebuah arahan di mana pondok sebagai lembaga pendidikan harus berupaya semaksimal mungkin untuk mencetak produk santri yang memiliki al-akhlâq al-karîmah, di mana tugas tersebut merupakan sebuah amanat kenabian yang telah diemban oleh Rasulullah saw. semenjak beliau diutus (إنما بعثت لأتمم مكارم الأخلاق). Orientasi ini diberikan dan ditekankan kepada setiap santri (anak didik), baik di dalam lingkungan pondok/sekolah maupun di luar lingkungan pondok/sekolah. Yang pada gilirannya akan tercermin dalam kehidupan bermasyarakt nantinya setelah tamat belajar.

2.    Orientasi keilmuan; Sebuah orientasi di mana pondok harus berupaya maksimal untuk mencetak santri yang memiliki kecakapan di bidang ilmu pengetahuan umum sesuai dengan tingkatan pendidikannya dan sekaligus ilmu agama dengan kekuatan yang berimbang. Dengan demikian orientasi ini menekankan semangat dan etos pengembangan ilmu pengetahuan sesuai dengan tuntutan zaman. Pada tataran pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Pondok Modern Muhammadiyah Paciran berupaya agar para santri memahami sekaligus menguasai dasar-dasar sains dan teknologi sejajar dengan rekan-rekannya pada sekolah umum, disamping unggul dalam penguasaan ilmu agama, yang merupakan suatu keharusan. Jadi orientasi ini ditumbuhkankembang secara seimbang dan berimbang.

3.    Orientasi Bahasa; yaitu sebuah orientasi yang berupaya semaksimal dan seoptimal mungkin untuk mencetak produk santri yang memiliki kecakapan berbahasa. Orientasi ini diarahkan kepada penguasaan bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Jepang, baik secara pasif maupun aktif. Oleh karena itu, untuk bahasa arab dan inggris tersebut diupayakan menjadi bahasa harian pondok. Dengan menguasai dua bahasa tersebut diharapkan dapat dipergunakan sebagai sarana pembelajaran dan memahami sumber-sumber utama agama, kitab-kitab, bahkan untuk pengembangan sains dan teknologi.

SPESIFIKASI DAN POLA PENDIDIKAN

Pondok Modern Muhammadiyah Paciran, dengan pola keagamaan dan keilmuan yang dikembangkan telah berupaya menerapkan suatu tatanan pendidikan dengan pola integrated system, yaitu sebuah sistem pendidikan terpadu yang mengharuskan adanya keterkaitan antara pendidikan formal dan pendidikan non-formal, serta adanya keterkaitan antara pendidikan keagamaan dan pendidikan umum.

Pendidikan formal dan non-formal yang dikembangkan adalah dalam posisis sejajar dan saling melengkapi. Keduanya mempunyai kewajiban yang sama demi tercapainya tujuan pendidikan Pondok, dengan spesifikasi dan pola pendidikan sebagai berikut,

  1. Bidang studi keislaman
    merupakan perpaduan antara kurikulum Pondok yang menekankan pada penguasaan al-ahkâm al-syar`iyyah dan al-`aqîdah al-shahîhah, dengan kurikulum Departemen Agama RI, dengan pola pengembangan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Dengan pola semacam ini anak didik/santri di samping menerima pelajaran keagamaan langsung dari seorang guru, melalui proses belajar mengajar di sekolah, juga -ketika di Asrama-, menerima materi-materi keagamaan yang diberikan oleh pada al-asâtidzah di luar jam pelajaran sekolah, yang dikemas dalam bentuk al-madrasah al-dîniyyah. Antara lain :

    • Pembinaan tilâwah dan tahfidz al-Qur’ân
    • Kajian al-Qur’an (al-tafsîr)
      dengan menggunakan tafsîr al-jalâlayn sebagai buku pegangan wajib, yang pada skala pembahasan tertentu diharapkan bisa merujuk kepada tafsîr ibn Katsîr dan jami’ al Bayan
    • Kajian hadits
      Dalam rangka penguasaan  terhadap al-ahâdîts al-nabawiyyah, Pondok Modern Muhammadiyah Paciran menetapkan dua orientas,

      • Penguasaan terhadap hadits-hadits yang berhubungan dengan hukum (al ahâdîts al-ahkâm). Dalam hal ini ditetapkan bahwa kitab Bulûgh al-Marâm karya Ibn Hajar Al-Asqalâny sebagai buku pegangan wajib, yang pada tataran tertentu dikembangkan pembahasannya dengan merujuk kepada kitâb subul al-salâm dan kitâb nayl al-awthâr.
      • Penguasaan terhadap hadits-hadits yang berkenaan dengan akhlaq. Dalam hal ini Riyâdh al-Shâlihîn merupakan buku wajib. Di samping pada tingkat pendidikan awal diharapkan (diwajibkan) untuk dapat menghafal al-arba`în al-nawawiyyah.
    • Kajian al-Tawhîd,
      dengan menggunakan buku kitab al Aqidah al Islamiyah min al kitabi wa al Sunnah al Shohihah oleh muhammad Jamil Zainu, dan syarh al-aqîdah al-Thahâwiyyah serta Majmuah Fatawa Ibnu Taimiyah sebagai buku rujukan.
    • Pembinaan untuk menguasai alat-alat bantu yang lain, seperti; ilmu ushûl al-fiqh, al-nahw dan al-sharf
  2. Bidang studi Bahasa
    diarahkan pada penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, baik secara pasif maupun secara aktif. Untuk itu para santri diwajibkan untuk menggunakan kedua bahasa tersebut sebagai alat komunikasi di lingkungan asrama.Dalam rangka mewujudkan program bahasa tersebut, Pondok Modern Muhammadiyah Paciran telah melakukan upaya serta langkah-langkah strategis melalui rekrutment alumni LIPIA Jakarta untuk pengembangan bahasa Arab. Bidang studi Ilmu Pengetahuan Umum, sesuai dengan kurikulum Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Bidang studi Kemuhammadiyahan dan keterampilan
    diberikan secara terpadu, baik melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Bidang studi ini merupakan suatu keharusan. Untuk itu pembinaan dan pendidikan keorganisasian (ke-IPM-an) dan kepemimpinan adalah mutlak adanya. Disamping pembinaan organisasi dan kepemimpinan melalui sarana IPM tersebut, Pondok Modern Muhammadiyah juga mengadakan Pelatihan dan Pembinaan al-du`ât dan al-muballighûn secara periodik. Hal ini dilakukan dalam kerangka pemikiran dan orientasi dasar pondok demi terwujudnya salah satu tujuan pendidikan pondok, yaitu “terbentuknya dan terciptanya kader Muhammadiyah serta generasi muda (santri) yang tangguh, berwawasan luas dan berakhlak mulia, cakap dan mandiri, mampu menjawab segala tantangan dan tuntutan zaman di segala bidang dalam posisi lebih.
LANDASAN ORGANISASI

Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah

  1. Muhammadiyah adalah Gerakan Islam dan Dakwah Amar Ma'ruf Nahi Munkar, beraqidah Islam dan bersumber pada Al-Qur'an dan Sunnah, bercita-cita dan bekerja untuk terwujudnya masyarakat utama, adil, makmur yang diridhai Allah SWT, untuk malaksanakan fungsi dan misi manusia sebagai hamba dan khalifah Allah di muka bumi.
  2. Muhammdiyah berkeyakinan bahwa Islam adalah Agama Allah yang diwahyukan kepada Rasul-Nya, sejak Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan seterusnya sampai kepada Nabi penutup Muhammad SAW, sebagai hidayah dan rahmat Allah kepada umat manusia sepanjang masa, dan menjamin kesejahteraan hidup materil dan spritual, duniawi dan ukhrawi.
  3. Muhammadiyah dalam mengamalkan Islam berdasarkan:
    • Al-Qur'an: Kitab Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW.
    • Sunnah Rasul: Penjelasan dan palaksanaan ajaran-ajaran Al-Qur'an yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan akal fikiran sesuai dengan jiwa ajaran Islam.
  4. Muhammadiyah bekerja untuk terlaksananya ajaran-ajaran Islam yang meliputi bidang-bidang:
    • 'Aqidah
      Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya aqidah Islam yang murni, bersih dari gejala-gejala kemusyrikan, bid'ah dan khufarat, tanpa mengabaikan prinsip toleransi menurut ajaran Islam.
    • Akhlak
      Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya nilai-nilai akhlak mulia dengan berpedoman kepada ajaran-ajaran Al-Qur'an dan Sunnah rasul, tidak bersendi kepada nilai-nilai ciptaan manusia
    • Ibadah
      Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya ibadah yang dituntunkan oleh Rasulullah SAW, tanpa tambahan dan perubahan dari manusia.
    • Muamalah Duniawiyah
      Muhammadiyah bekerja untuk terlaksananya mu'amalat duniawiyah (pengolahan dunia dan pembinaan masyarakat) dengan berdasarkan ajaran Agama serta menjadi semua kegiatan dalam bidang ini sebagai ibadah kepada Allah SWT.
  5. Muhammadiyah mengajak segenap lapisan bangsa Indonesia yang telah mendapat karunia Allah berupa tanah air yang mempunyai sumber-sumber kekayaan, kemerdekaan bangsa dan Negara Republik Indonesia yang berdasar pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, untuk berusaha bersama-sama menjadikan suatu negara yang adil dan makmur dan diridhoi Allah SWT:

 

"BALDATUN THAYYIBATUB WA ROBBUN GHOFUR"

Keputusan Tanwir Tahun 1969 di Ponorogo
Disesuaikan dengan Keputusan Muktamar Muhammadiyah ke 41 di Surakarta.

SEJARAH BERDIRINYA PONDOK MODERN

Berdirinya Pondok Modern Muhammadiyah Paciran, tidak terlepas dari berdirinya Lembaga Madrasah Islamiyah Paciran pada tahun 1946 yang didirikan oleh K.H.M. Ridlwan Syarqowi (alm). Munculnya lembaga pendidikan tersebut merupakan jawaban atas keprihatinan terhadap perkembangan kehidupan keagamaan masyarakat, dan disemangati oleh usaha pemurnian pengamalan keagamaan menurut ajaran Islam yang benar dan bebas dari praktek-praktek takhayyul, bid`ah dan khurafat yang mengarah kepada perbuatan syirik.

Dari tahun ke tahun Madrasah tersebut mengalami kemajuan yang pesat. Pada tahun 1957 Madrasah Islamiyah Paciran tersebut berubah menjadi Madrasah Muhammadiyah Paciran. Pada tahun 1958 Madrasah Muhammadiyah Paciran mengembangkan sayap menjadi perguruan Muhammadiyah Paciran. Perubahan-perubahan pada lembaga pendidikan tersebut yang dipelopori oleh K.H.M. Ridlwan Syarqowi (alm) dan dibantu oleh K.H. Tibyani Mujahid (alm) K.H. Salamun Ibrahim (alm), K.H.A. Karim Zen (alm), KH. Choiruman Ilham, LC (alm) dan KH. A. Munir (mudir sekarang), menunjukkan perkembangan yang sangat dinamis sebagai pusat pendidikan Islam untuk kalangan masyarakat Paciran dan sekitarnya.

Perkembangan yang dinamis membawa dampak yang positif sehingga pelajar-pelajar dari luar Paciran bahkan Luar Jawa menuntut ilmu di lembaga tersebut. Karena semakin banyaknya pelajar dari luar daerah (dan dari luar Jawa), sedangkan daya tampung lembaga pendidikan tersebut sangat terbatas, maka pada tahun 1983 Perguruan Muhammadiyah Paciran berubah menjadi Pondok Modern Muhammadiyah Paciran.

Tekad untuk mengelola lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren dengan sistem asrama tersebut didasari oleh rasa kepedulian sosial serta tanggung jawab terhadap :

  • Minimnya Pondok pesantren yang berbasis Muhammadiyah, yang mampu serta memiliki dasar keagamaan yang kuat, memiliki jiwa serta landasan aqidah maupun syari`ah yang jauh dari segala amalan ubudiyyah yang berbau takhayyul, bid`ah, khurâfat dan syirk.
  • Semakin kritisnya kader kepemimpinan dan muballigh Muhammadiyah yang memiliki orientasi dakwah untuk menyeru kepada kebaikan (al-amru bi al-ma`rûf) dan mencegah atau paling tidak meminimalkan kemungkaran (al-nahyu `an al-munkar), sebagaimana yang telah dituangkan di dalam visi dan misi Muhammadiyah.
HYMNE PONDOK

HYMNE PONDOK
Cipt: Ust. Nur Hadi

 ... يا معهدى ...  يامعهدى
ربّيتنى فى كلّ يوم
من الصغر حتى الكبر... رحيما صابرا
فا لامن و الهناء يسكنان قلبي

            ما أجمل كلا مك كمثل الجواهر
واحسن سلوكك تكون قد وتى
سأ ذكر طول عمري فضلك يامعهدى
يد يمك ويبارك لك الله ربّنا

 

Oh pondokku...
Kau ibuku
Siang malam mengasuhku
Dari kecil hingga dewasa
Dengan kasih dan sayang
Rasa tenang aman dan damai dalam sanubariku

 

Sungguh besar wibawamu
Anggun pribadimu
Lemah lembut tutur katamu
Jadi pedomanku

 

Kan ku kenang
S’lama hidupku jasamu oh pondokku
Semoga kau subur dan jaya
Dalam lindungan tuhan


Struktur Organisasi



Pondok Modern Muhammadiyah Paciran adalah salah satu Pondok Pesantren di wilayah Jawa Timur yang berorientasi pada Akhlaq Karimah, Aqidah, Sains,  Ilmu alat (nahwu & shorof), Bahasa (arab & inggris) dan Lifeskill. Sebagai lembaga pendidikan, Pondok Modern tetap berupaya semaksimal mungkin untuk mencetak santri yang memiliki Akhlak Mulia.  Tugas tersebut merupakan sebuah amanat kenabian yang telah diemban oleh Rasulullah SAW. semenjak beliau diutus.

Orientasi keilmuan yang dijalankan mengacu dengan kurikulum pendidikan nasional, kurikulum kemenag dan kurikulum pondok pesantrenMu guna mencetak santri yang memiliki kecakapan di bidang ilmu pengetahuan umum dengan kemampuan pengajaran berbasis agama, sesuai dengan tingkatan pendidikannya. Pondok Modern juga berupaya semaksimal dan seoptimal mungkin untuk mencetak produk santri yang hafal al Qur’an dan memiliki kecakapan berbahasa arab dan inggris baik secara pasif maupun aktif.


Statistik Data

AKREDITASI DAN DAYA TAMPUNG LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL
No. Jenjang pendidikan status
01 MIM 01 Putera Terakreditasi “A”
02 MIM 02 Puteri Terakreditasi “A”
03 MTsM 01 Terakreditasi “A”
04 SMPM 25 (Boarding School) Terakreditasi “A”
05 MAM 02 (IPA/IPS) Terakreditasi “A”
06 SMK-TI 11 Terakreditasi “A”
07 STIT/STIE Terakreditasi BAN-PT
Jumlah Siswa/Siswi kurang lebih 3.300
DAYA TAMPUNG LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL
No. Lembaga pendidikan Keadaan murid jumlah keterangan
putera puteri
01 TK ABA 04 95 95 Dikelola Aisyiyah
02 Kelompok Bermain 78 78 Dikelola Aisyiyah
03 TK ABA 02 35 35 Dikelola Aisyiyah
04 Kelompok Bermain 01 78 78 Dikelola Aisyiyah
05 TPQ 1,2,3,4& 5 /TQA 215 296 511 Dikelola pondok
06 Madrasah Diniyyah* 84 145 229 Dikelola pondok
07 Darul Aitam 28 27 55 Dikelola pondok
Jumlah  1081

*Lembaga pendidikan formal bagi santri yang tinggal di Asrama.

JUMLAH GURU DAN KARYAWAN
Lembaga Guru/ustad Jumlah karyawan Jumlah Total
Lk Pr Lk Pr
PAUD AISYIYAH 0 15 15 0 2 2 17
TPQ 5 30 35 0 2 2 37
Diniyyah 15 11 26 1 1 2 28
MIM 01 & 02 17 16 23 1 4 5 28
MTsM 01 20 15 45 3 2 5 50
SMPM 25 20 15 35 2 2 4 39
MAM 02 32 18 50 2 3 5 55
SMK-TI 11 15 7 22 2 2 4 26
D. Aitam 5 1 6 1 0 1 7
STITM 14 2 16 2 1 3 19
JUMLAH 156 135 291 16 19 35 326
FASILITAS PERGURUAN
No. Fasilitas/jenis bangunan jumlah keterangan
 01

02

03

04

05

06

07

08

09

 

 

10

11

12

13

14

15

16

17

 Gedung MIM 01 (putera)

Gedung MIM 02 (puteri)

Gedung MTsM 01

Gedung SMPM 25

Gedung MAM 02

Gedung SMK-TI 11

Gedung Asrama Puteri

Gedung Asrama Putera

Ruang perpustakaan

 

 

Ruang Multi Media

Ruang lab. Komputer

Ruang Lab. IPA

Lab. Bahasa

Masjid

Lapangan Olahraga

Koperasi/kantin

Balai Pelatihan

 2 unit

3 unit

3 unit

2 Unit

3 unit

1 unit

2 unit

1 unit

4 ruang

 

 

1 ruang

2 ruang

2 ruang

2 unit

1 unit

1 unit

2 unit

1 unit

 7 lokal berlantai 2

14 lokal berlantai 2

10 lokal berlantai 2

11 Lokal

17 lokal berlantai 2

5 lokal

9 lokal  berlantai 2

6 lokal berlantai 2

MIM, MTsM, SMPM, MAM

(menggunakan ruang kelas masing-masing lembaga)

 

 

 

 

 

2 in 1 (lap. Voli dan basket)

 

LUAS LAHAN
No. Lokasi lahan/lembaga pemakai Luas (m²)
01

02

03

04

05

06

07

08

09

 Komplek Pondok/MAM 02/SMPM25/SMK-TI

Asrama Puteri

MTsM 01

TK ABA I

TK ABA II

MIM 02

STIT/STIE

TPQ1,2,3,4 & 5 /TQA

Darul Aitam

8.035

651

695

261

97

847

350

588

240



IKATAN ALUMNI MODERN

 

Sekretariat

Jalan Pondok RT.04 RW.05 Desa Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia, 62264

Jam Buka :
07.00-12.30 & 14.00-18.00 WIB
Hubungi Kami : 0812 3057 368
Email : modernpaciran@gmail.com

Official Sosial Media :

@modernpaciran

© 2020 Humas Pondok Modern Muhammadiyah Paciran