PESANTREN PUTRI

PROFIL

 Pesantren selain menjadi asrama bagi pelajar dari luar kota paciran, juga sebagai pengembangan karakter dalam hidup mandiri, dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Pesantren memiliki pengajaran diluar sekolah dengan memberikan pembekalan santri mengamalkan agama islam dalam kesehariannya.

LAMA PENGAJARAN

Setiap santri Pondok Modern Paciran
dapat mengikuti program pesantren selama masa sekolah (3 - 4 tahun / studi) di lembaga pendidikan yang tersedia di lingkungan Pondok Modern Paciran.

Masa Aktif : Setiap Hari
Libur Pondok : Libur Semester, dan Libur Hari Besar Islam.
Pengawasan : 24 jam / hari
Iji Keluar : Sekali / minggu dan atau Sakit

setiap santri mengikuti program pesantren memiliki aktivitas meiputi,

  • kegiatan di lembaga pendidikan umum selama lebih dari 7 jam,
  • pengajaran diniyah pesantren selama lebih dari 2 jam, dan
  • bimbingan belajar intensif selama lebih dari 2 jam
MODEL PEMBELAJARAN

Pengajaran yang dilakukan di pesantren berupa program diniyah pondok dilaksanakan sebanyak 2 kali yakni,

  1. Diniyah pagi
    • Tafsir,
    • Mukhtar Al-Hadits,
    • Bulughul Marom,
    • Riyadus Solihin,
    • Akidah Islamiyah, dan
    • Mufrodat B.Arab.
  2. Diniyah Malam
    • Tajwid,
    • Tartil,
    • hafalan Ayat Pilihan

 

KEGIATAN SEHARI HARI

W A K T U    K E G I A T A N

03.45 – 04.00   Bangun Tidur
04.00 – 04.15   Shalat Shubuh berjama`ah
04.15 – 05.15    Diniyah Pagi
05.15 – 05.45   Pemberian Mufradat
05.45 – 06.00  Olahraga Ringan
06.00 – 06.15   Pembersihan lingkungan
06.15 – 06.30   Mandi Pagi
06.30 – 07.00  Sarapan Pagi
07.00 – 14.15   Belajar di ruang kelas
14.15 – 14.30   Makan siang
14.30 – 15.00  Jam Bebas Siang
15.00 – 15.30  Shalat Ashar berjama`ah
15.30 – 16.30  Belajar sore (Diniyah)
16.30 – 17.00  Mandi Sore
17.00 – 17.40  Tadarus di Mesjid
17.40 – 18.15  Shalat Maghrib berjama`ah + Kultum
18.15 – 18.30  Membaca al Qur’an kpd Ustadz
18.30 – 19.00  Shalat Isya
19.15 – 20.00  Makan Malam
20.00 – 21.30  Bimbingan Belajar
21.30 – 03.45  Tidur malam

 

SUSUNAN PIMPINAN & PENGASUH

PERSONALIA PENGURUS ASRAMA PUTRA & PUTERI
PONDOK MODERN MUHAMMADIYAH PACIRAN

 

Mudir                                   : KH. A. Munir
Mudir  I                               : KH. M. Rifqi Rosyidi, Lc., M.Ag
Mudir II                              : KH. Ahmad Ahzab
Mudir III                             : Ustadz H. Ahmad Zaini Bsc.Eng

Sekretaris                         : Ustadz Zawawi Hasyim
Ustadz Drs. Fakruddin AM
Bendahara                        : Ustadzah Dra. Hariyati

Bidang Kebersihan &  : Ustadz Drs. Arifuddin Shoni’, M.Pd.I
                     Kesehatan     Ustadzah Sharihatul Mawaddah, S.IP

Qimur Ri’ayah                 : Ustadz Drs. Mohammad Hasan Rasidi, M.Pd.I
Musyrif  Puteri                : Ustadz Wahyu Hidayat, SE
Musyrif Putera                : Ustadz Chusnul Abid, S.Pd.I

Ka. Bag  Kurikulum       : Ustadz Khilmi, S.Pd.
Ustadz Furqon Firmansyah, S.Pd.

Ka. Bag Kesantrian       : Ustadz Iwan Wahyudi, S.Pd.
Ustadz Rosyad Nurdin, S.Pd.

Mujaanibah                      : Ustadzah Najmi Fajria, S.Pd
Ustadzah Esa Rosyida Nur Qurrota A’yunis Zahida
Ustadzah Shintia Widyawati
Ustadzah Nilam Setiyowati
Ustadzah Via LaillaNur Azizah

Mujaanib                            : Ustadz Khusnul Khuluq, S.Pd
Ustadz Arzi Syafaunnida’, S.Pd.I

KEGIATAN PONDOK

Program kerja dari Pesantren Pondok Modern Muhammadiyah antara lain,

  1. Pengenalan Pesantren (MP3M)
  2. Rihlah Ilmiah (Studi Lingkungan)
  3. Muhadhoroh Tiap Malam Minggu
  4. Class Meeting (GKS)
  5. Outbond Hizbul Wathan

KEGIATAN

Berdirinya Pesantren Pondok Modern Muhammadiyah Paciran didasari akan pentingnya pengajaran intensif berbasis ASRAMA untuk meningkatkan kemandirian dan pengajaran agama bagi peserta didik yang intensif. Adapun pengajaran yang dilaksanakan berupa Pengajaran pengetahuan umum lembaga pendidikan serta ditambah pendidikan diniyah di pagi dan malam hari.

Tata Tertib Pesantren Putri

DEPARTEMEN
ADMINISTRASI DAN KESEKRETARIATAN

  1. Setiap santriwati wajib memiliki KTS dan KTM
  2. Departemen administrasi menyediakan surat izin tidak masuk sekolah. Batas penggantian biaya fotocopy surat izin mulai dari pulang diniyah subuh sampai pukul 06.20. terkecuali bagi santriwati yang mendadak sakit atau ada keperluan mendesak.
  3. Bagi santriwati yang hendak meminjam buku diperpustakaan pesantren, harap lapor terlebuh dahulu kepada dept. menejemen administrasi
  4. Santriwati dilarang dikunjungi oleh pihak yang bukan mahromnya

 

DEPARTEMEN
ADVOKASI KEAMANAN

  1. Mewajibkan santriwati untuk izin terlebih dahulu saat ingin keluar dan pulang
  2. Batas keluar satu kali dalam satu minggu, dan pulang satu kali satu bulan dengan dispensasi konfirmasi orang tua
  3. Izin keluar hanya pada hari jumat, jam pagi 08.00-10.00, jam siang 14.00-16.00.
  4. Keluar atau pulang wajib memakai jubbah almamater pondok / seragam sekolah bagi yang belum punya.
  5. Non aktif laptop pada jam 17.00 sore, kecuali malam jum’at dari habis isya - 22.00
  6. Melarang santriwati mandi dan mencuci pakaian dikamar mandi atas terkecuali pakaian dalam
  7. Mewajibkan santriwati memakai celana panjang atau short saat tidur.
  8. Dilarang tidur dikamar santriwati lain dan mengganggu ketentraman dikamar lain
  9. Dilarang membawa HP, modem, tablet, dan sejenisnya kecuali laptop/notebook.
  10. Batas mandi sampai pukul 17.00
  11. Dilarang memboking kamar mandi dengan menaruh handuk, gayung atau pakian dikamar mandi
  12. Jemuran kering, sepatu, dan sandal ditebus RP. 500 per hanger dan RP. 1000 untuk sepasang sepatu dan sandal
  13. Dilarang keras mengintip dikamar mandi atau WC
  14. Dilarang memakai pewarna rambut atau semir
  15. Santriwati diwajibkan memakai kerudung saat keluar kamar
  16. Melarang santriwati keluar kamar mengenakan baju lengan pendek dan celana

 

DEPARTEMEN
TA’LIM

  1. Diwajibkan memakai kaos kaki saat sholat berjamaah ashar, dzuhur dan subuh , apabila tidak memakai akan di denda satu pasang kaos kaki
  2. Disunahkan membawa sajadah
  3. Diwajibkan sholat berjamaah kecuali dzuhur
  4. 3 kali absen jamaah membeli sapu , 5 kaliabsen jamaah membeli al qur’an pojok dan 10 kali absen membeli mukena kecuali parasite.
  5. Ketika haid wajib lapor ke pembina penanggung jawab
  6. Ketika keluar dari pintu pesantren wajib memakai kaos kaki
  7. Izin tidak sholat jamaah { puasa sunnah/kunjungan/panggilan alam } wajib lapor ke pembina penanggung jawab.

 

DEPARTEMEN
BAHASA DAN KOMUNIKASI

  1. Melarang santriwati berbicara kotor, jika melanggar, per perkataan akan didenda Rp. 500 + squat jump
  2. Tidak boleh menggunakan bahasa rumah
  3. Mengunakan bhs indonesia diluar kamar,jemuran dan cucian baju
  4. Memakai bahasa yang sopan kepada kakak kelas.jika melangar didenda spidol boartmarker
  5. Muhadatsah dikamar dipimpin pembina kamar dan masih pantauan Dept.bahasa

 

DEPARTEMEN
K2L

  1. Dilarang membuang sampah dikamar mandi dan WC
  2. Santriwati wajib mengerjakan piket pondok
  3. Dilarang menumpuk pakaian dikeran cuci baju karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap
  4. Mencici piring wajib dikeran selatan
  5. Bagi yang meminjam peralatan kesehatan harap dikembalikan, dan jika hilang wajib mengganti
  6. Bagi santriwati yang meminjam peralatan kebersihan harus dikembalikan ditempatnya semula
  7. Harus membuang sampah pada tempatnya
  8. Dilarang memakai sandal samopai didepan lantai merah dikeran selatan saat mencuci piring
  9. Batas memakai sandal sampai depan lantai merah atau pintu dapur
  10. Dilarang membuang sampah ditalang atau depan kamar atas
  11. Jemuran yang jatuh dan belum diambil maka akan dibuang

 

DEPARTEMEN
KESANTRIAN

  1. Jam telpon dan sms
    • Hari sabtu, ahad, kamis
      Setelah makan siang – jam 17.00
      Setelah bimbel –jam 21.3
    • Hari senin, selasa, rabu
      Setelah ashar – jam 17.00
      Setelah bimbel – 21.30
    • Hari jum’at
      Setelah sarapan – jam 17.00
  1. Jika ingin sms atau telpon, hp tidak boleh dibawah keluar kamar staff namun untuk trlfon diberi pengecualian hanya sebatas didepan kamr staff
  2. Iuran wajib setrika per kamar setiap minggu
  3. Dilarang memainkan saklar lampu, jika ketahuan akan dikenakan sanksi
  4. Dilarang melepas atau memotong ikatan gayung dikamar mandi.

 

 

DEPARTEMEN
USAHA DAN KOPERASI

  1. Jika selesai memasak peralatan masak harus dikembalikan dengan keadaan sudah bersih
  2. Dilarang melakukan ba’daki dalam hal memasak, nebeng atau numpang
  3. Dilarang membuang sampah sembarangan didapur koperasi
  4. Wajib membayar meskipun membawa peralatan sendiri

 

DEPARTEMEN
HW DAN OLAHRAGA

  1. Santriwati wajib mengikuti semua kegiatan yang telah ditentukan
  2. Batas peminjaman alat olahraga hari kamis mulai pukul 15.30 dst sampai pukul 17.00. hari jumat pagi pukul 06.00 dst sampai pukul 11.30
  3. Setelah meminjam wajib dikembalikan jika tidak dikembalikan atau telat mengembalikan dikenakan ‘Dam’ dan jika hilang wajib mengganti

 

DEPARTEMEN
MUHADLOROH

  1. Santriwati wajib menggunakan seragam oppm yang telah ditentukan : jubbah, kerudung dengan pin oppm
  2. Dekorasi muhadloroh ditentukan oleh departemen muhadloroh
  3. Setiap santriwati wajib berkaus kaki
  4. Bagi santriwati yang sakit atau tidak dapat hadir karena suatu kepentingan diwajibkan memberikan surat izin kepada departemen muhadloroh, jika tidak mengikuti muhadloroh tanpa alasan yang jelas atau tanpa izin maka akan dikenai sanksi (kerja bakti yang lebih berat)
  5. Dalam acara muhadloroh dilarang membawa jajan atau sejenisnya kecuali permen/makanan yang sudah disediakan dalam rangka mencegah ngantuk
  6. Santriwati dilarang tidur dan mengantuk didalam forum
  7. Santriwati dilarang membuat forum didalam forum
  8. Wajib menyimak dan memperhatikan pihak dengan jelas karena suwaktu-waktu diadakan pertanyaan
  9. Sebelum acara selesai santriwati dilarang keluar kecuali izin
  10. Bagi santriwati yang ditunjuk dan tidak bisa hadir maka harap lapor ke ketua kelompok, dan wajib mencari pengganti dengan yang lain dan jika tidak, maka akan berhadapan dengan departemen muhadloroh
  11. Santriwati yang kena hukum harus memakai kerudung yang berbeda dan mencolok dengan kalung kardus yang bertuliskan sesuatu
  12. Setiap kelompok wajib menyumbang kreasi
  13. Setiap santriwati yang mendapat giliran pidato diwajibkan dengan tata cara pidato sesuai tema minimal lima menit
  14. Mengadakan iuran muhadloro per-anak setiap dua minggu sekali
  15. Menyediakan pin muhadloroh
Struktur Pengurus OPPM Putri

JAJARAN STAFF OPPM PESANTREN PUTRI

 

Ketua Umum
Wakil Ketua
Sekretaris Umum
Bendahara Umum
Wakil Bendahara

 

Departemen :

  1. Departemen Keamanan dan Advokasi
  2. Departemen Ta’lim
  3. Departemen Bahasa Dan Komunikasi
  4. Departemen Kesantrian
  5. Departemen Usaha dan Koperasi
  6. Departemen Kesehatan dan kebersihan lingkungan
  7. Departemen HW Dan Orahraga
  8. Departemen Muhadloroh
Program Kerja OPPM Putri

PROGRAM KERJA
STAFF OPPM PESANTREN PUTRI PERIODE 2018/2019

 

Departemen Menejemen Kepemimpinan

  1. Penertiban dan pemberdayaan seluruh pimpinan staff OPPM Pesantren Putri
  2. Pengoptimalan sidang mingguan
  3. Penguatan dan penataan struktur organisasi
  4. Mengadakan musyawarah akhir periode

 

Departemen Menejemen Administrasi Dan Kesekretariatan

  1. Mewajibkan setiap santriwati memiliki KTS (Kartu Tanda Santri)
  2. Mencatat setiap hasil sidang
  3. Mengamankan berkas-berkas dan inventaris pesantren putri
  4. Mewajibkan setiap santriwati memiliki KTM (Kartu Tanda Mahram)
  5. Menyediakan buku tamu
  6. Menyediakan surat izin tidak masuk sekolah (bekerjasama dengan Departemen Advokasi dan Keamanan dan Departemen Kesehatan dan Kebersihan Lingkaungan)
  7. Mengoptimalkan perpustakaan pesantren putri (bekerjasama dengan Departemen Ta’lim)

 

Departemen Menejemen Keuangan

  1. Mewajibkan santriwati untuk membayar iuran per-bulan
  2. Mewajibkan untuk masing-masing bidang menyetorkan income kebendaharaan
  3. Mengamankan dan menyimpan keuangan pesantren
  4. Mencatat setiap pemasukan keuangan pesantren putri
  5. Mengoptimalkan pemantauan tiap kamar

 

Departemen Advokasi dan Keamanan

  1. Bertanggung jawab atas perizinan santri
  2. Menangani masalah jemuran, barang hilang, dan perselisihan kamar
  3. Mengadakan penggeledahan dan menyelinap dikamar lain sewaktu-waktu
  4. Mengabsen setiap kamar
  5. Memberikan sanksi yang sesuai dengan apa yang dilanggar

 

Departemen Ta’lim

  1. Melakukan pengabsenan sholat lima waktu kecuali dhuhur
  2. Mengkoordinir kegiatan baksos
  3. Menyediakan kartu haid
  4. Menganjurkan sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah
  5. Mengkoordinir ngaji together ba’da maghrib dan bimbel ba’da isya’
  6. Menyediakan buku-buku bacaan setiap hari jumat (bekerjasama dengan departemen menejemen administrasi)

 

Departemen Bahasa dan Komunikasi

  1. Mewajibkan santriwati memakai bahasa resmi pondok (Indonesia, Arab, Inggris)
  2. Menerapkan penyuluhan vocab, mufrodat, dan muhawwaroh
  3. Mengadakan sanksi bagi santriwati yang melanggar bahasa dan menggunakan kata-kata kotor
  4. Menyediakan mufrodat disetiap tempat tertentu
  5. Memakai bahasa sopan kepada kakak kelas
  6. Mengadakan pekan bahasa (pidato 3 bahasa, story telling, miss language)
  7. Pembenaran mufrodat
  8. Sopan menghargai orang tua atau wali murid saat kunjungan
  9. Mewajibkan santriwati menyetor kembali mufrodat yang telah diberikan oleh staff bahasa
  10. Menggunakan kata “antum” untuk seorang yang lebih tua dari kita
  11. Izin pulang wajib menggunakan bahasa arab

 

Departemen Kesantrian

  1. Menyediakan Handphone (HP)
  2. Mengkoordinir penyediaan setrika
  3. Menyediakan kresek hitam
  4. Menyediakan bulletin
  5. Mengkoordinir lampu dan saluran air
  6. Menyediakan gayung dikamar mandi

 

Departemen Usaha dan Koperasi

  1. Menyediakan kompor gas dan makanan ringan
  2. Menyediakan alat-alat memmasak
  3. Mewajibkan bagi santriwati baru untuk membayar dana koperasi sebesar Rp. 10.000

 

Departemen Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan

  1. Menyediakan alat-alat kebersihan
  2. Mengadakan kerja bakti setiap satu minggu sekali
  3. Melarang membuang sampah sembarangan dimanapun tempatnya
  4. Mengadakan lomba kebersihan tiap kamar
  5. Mengadakan pemeriksaan kerapian almari
  6. Menyediakan obat-obatan
  7. Merawat dan menangani santriwati yang sakit
  8. Bersedia mengantar santriwati yang ingin berkonsultasi tentang kesehtan kepada para konsultan

 

Departemen HW dan Olahraga

  1. Menyediakan alat olahraga
  2. Menerima pesanan perlengkapan ke HW-an
  3. Mengadakan penjelajahan (lihat sikon)
  4. Mengadakan senam bersama
  5. Mengadakan pelatihan kepanduan Hizbul Wathan

 

Departemen Muhadloroh

  1. Mengadakan muhadloroh setiap satu minggu sekali
  2. Santriwati wajib mengikuti muhadloroh dengan berseragam, berjilbab OPPM, ber-pin muhadloroh, iket kepala, dan berkaus kaki
  3. Bagi santriwati yang tidak mengikuti muhadloroh tanpa alasan yang jelas akan dikenakan sanksi
  4. Mengadakan Muhadloroh Award
  5. Mengadakan kajian fiqih wanita
  6. Mengadakan pengajian luar desa
  7. Mengadakan perlombaan awal tahun hijriah ‘TEMARAM’

PROGRAM UNGGULAN

  • Hafal al Qur’an 30 Juz
  • Hafal Do’a do’a  Harian
  • Bahasa Arab
  • Bahasa Inggris
  • Membaca Kutub At Turots
  • Kader Persyarikatan
  • Kader IPM

Hubungi Kami

Alamat :
Jalan Pondok RT 04 RW 05 Paciran, Lamongan, Jawa Timur, 62264

Musyrif Pesantren Putri :
Wahyu Hidayat, SE ( 0813 5797 0899 )

 

Sekretariat

Jalan Pondok RT.04 RW.05 Desa Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia, 62264

Jam Buka :
07.00-12.30 & 14.00-18.00 WIB
Hubungi Kami : 0812 3057 368
Email : modernpaciran@gmail.com

Official Sosial Media :

@modernpaciran

© 2020 Humas Pondok Modern Muhammadiyah Paciran