MAM 02 ; DA Berbasis Tahfidz al Qur’an

  • Post published:31 May 2018
  • Post category:KABAR

Darul Arqom (DA)  merupakan sistem pengkaderan di lembaga lembaga Muhammadiyah. Kegiatan tersebut dilaksanakan tiap tahun pada bulan Romadhon dengan agenda kajian ke Islaman dengan pendekatan sejarah, tematik, asbabun nuzul al Qur’an  dsb. Namun tahun ini Romadhon 1439 H kegiatan DA di Pondok Modern Paciran berbeda dengan sebelumnya yakni berbasis tahfidz al Qur’an, pertanyaannya mengapa? al; 1. Pondok Modern Paciran menginginkan  santrinya/siswanya lebih dekat dengan al Qur’an, dengan harapan santrinya minimal berahlak dengan al Qur’an.

2. Peradaban Islam maju karena al Qur’an, lima puluh tahun akan datang Islam akan lebih maju apabila ummat Islam berpegang teguh dengan al Qur’an (mempelajari, menghafal, mengkaji dan mengamalkannya).

3. Pondok Modern Muhammadiyah Paciran harus maju dan berkembang  dengan membumikan al Qur’an dan bersama al Qur’an.

Dengan demikian tidak berlebihan jika lembaga Pondok Modern Muhammadiyah Paciran mulai MIM 01 & 02,  MTsM 01,  SMPM 25 dan MAM 02 DA tahun ini berbasis tahfidz al Qur’an.

Santri yang sukses, bahagia dan mulia  dunia dan akhirat adalah santri dan siswa yang hafal al Qur’an, begitu sambutan kepala MAM 02 yang sekaligus membuka acara DA tersebut. Nabi Muhammad dimuliakan oleh Allah karena al Qur’an diturunkan padaNya,  Mekah di muliakan oleh Allah karena tempat turunnya al Qur’an dan bulan Romadhon dimuliakan oleh Allah karena bulan diturunkannya al Qur’an, lanjut Mohammad Hasan Rasidi selaku Kamad.

DA berbasis tahfidz ini untuk program MI,MTsM 01, SMPM 25 1 Juz sedang MAM 02 ada dua program;  1 Juz wajib kelas X dan XI : 275 anak dan 3 Juz bagi mereka yang minat, baik mereka dari SMPM 25,MTsM 01 dan MAM 02 sebanyak 41 anak,  dengan bimbingan musyrif/musyrifah (muhafidz/muhafidzah) 45 orang, mulai 31 Mei – 10 Juni 2018.

Kegiatan DA tahun mereka sangat senang sekali, sekalipun dalam waktu 5 hari  program 1 Juz dan 10 hari untuk program 3 Juz di karantina, ungkap Iwan Wahyudi, S. Pd selaku ketua panitia. Semangat itu dijwai dengan motto al Qur’an didadaku. alfaqir.

This Post Has One Comment

  1. seoktavian

    sangat bermanfaat sekali ilmunya, terimakasih telah berbagi ilmu

Leave a Reply